Tips menjadi Offlaner - Vindicta Vinci

Tuesday, November 22, 2016

Tips menjadi Offlaner

Source ; https://i.ytimg.com/vi/ItIZ6Cxyxls/maxresdefault.jpg

HALLO GAES,


Setelah kemarin kita membahas tentang Basic tips untuk support, maka kali ini kita akan membahas tentang Role dengan posisi 3 di DotA yaitu Offlaner seperti yang kita telah ketahui bahwa Role dalam dota ada 5 yaitu :

  • Carry 
  • Mid
  • Offlaner
  • Support 4
  • Support 5 ( biasa di sebut Hard Support

Terkadang, nama posisi bisa berbeda tergantung pemahaman kita masing-masing tapi inti nya tetap sama kok.

Offlaner bisa di bilang merupakan role yang berat. Kenapa demikian? Karena kalian harus bisa survive di hard lane (top lane apabila kalian berada di Radiant dan bottom lane apabila kalian berada di Dire) yang biasanya di tempati oleh carry musuh yang di jaga oleh 2 support atau biasa di sebut dengan trilane.

Jadi, tugas kalian sebagai offlaner di sini adalah:

1. Bertahan Hidup

Yap, di sini yang harus kalian lakukan adalah bertahan hidup dan usahakan jangan sampai mati karena itu akan memberikan keuntungan pada carry musuh yang ada di depan kalian. Apabila kalian menggunakan hero range cobalah untuk deny creeps atau mengganggu farming dari carry mereka. Bila kalian kebetulan menggunakan hero mellee, cukup ambil creeps sebisanya dan tetap play safe ambil EXP dari creeps musuh yang telah mati.


2. Mengganggu Carry Musuh Sewaktu Farming

Ada 2 tipikal carry player yaitu, tipikal carry yang tidak manja dan tipikal carry yang manja banget. Tipikal carry yang tidak manja terkadang tidak masalah apabila di tinggalkan oleh support mereka untuk membantu lane lain dan kalian punya kesempatan yang lebih besar untuk mengganggu lane mereka dan bahkan bisa mencuri kill. Tetapi apabila kalian bertemu dengan carry yang manja, cukup ambil EXP dan ganggu atau deny creeps secukupnya karena mereka biasanya di jaga 1 atau 2 support di belakang dan pastinya menunggu kesempatan untuk bisa membunuh kalian.

3. Mengalihkan Perhatian Support Musuh

Bila kalian bisa sangat mengganggu farming dari carry musuh apalagi sampai bisa nge-kill mereka, biasanya para support musuh akan datang ke lane kalian dan akan sangat menjaga carry mereka. Apabila mereka sampai melakukan hal ini, berarti kalian sudah memberikan ruang untuk mid dan carry kalian agar bisa farming lebih tenang. Karena saat ini perhatian support mereka tertuju pada offlaner yang mengganggu farming dari carry mereka.

4. Menjaga Tower

Memang kehilangan tower akan memberikan tim musuh sebesar 200 gold dan itu sangat merugikan kita. Selain itu juga, penguasaan map dari tim kita akan berkurang. Karena itulah, offlaner memiliki peran yang sangat penting  dalam menjaga lane mereka walau harus menghadapi kemungkinan terburuk yaitu melawan 3 hero sekaligus. Salah satu cara untuk bisa bertahan adalah terus hit creeps lawan sebelum mereka menumpuk atau lakukan AOE skill apabila kalian kebetulan menggunakan hero yang mempunyai skill tersebut seperti Windranger atau Leshrac.

5. Ganking

Tidak perlu menunggu ganking dari support atau pun mid apabila kalian merasa sukses di lane. Apalagi kalau kalian sudah mempunyai core item seperti blink dagger dan sebagainya, janganlah ragu untuk melakukan ganking ke mid lane ataupun safe lane dimana carry kalian berada. Biasanya, apabila kalian melakukan ganking secara otomatis formasi musuh akan rusak dan support yang tadinya menjaga carry mereka akan dipaksa melakukan teleport untuk membantu lane yang kalian gank dan ini sangat memberikan keuntungan kepada tim kalian.

6.Warding

Jadi untuk beberapa orang kadang gengsi untuk membeli wards apalagi hero yang kalian mainkan merupakan salah satu hero core. Tapi, tidak ada salahnya kalian membeli wards untuk tim kalian. Selain untuk diri sendiri, support kalian pun akan jauh lebih mudah melakukan gank apabila posisi musuh terlihat di map.


Itulah beberapa Point untuk menjadi Offlaner dalam DotA 2, Jangan lupa untuk baca artikel lainnya.

Source : Revivaltv.id

2 comments:

  1. Wuih mantap gan, cocok banget. ane lagi belajar dota2 pindahan league of legend, mau belajar off laner di dota2. soalnya sama lol agak beda skillnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan, offlaner berat gan sering di gangbang 3 orang hahaha

      Delete